Kategori
All-id Hepatitis-id HepC-id News-id

Pembicara dalam webinar CHAI

Pada tanggal 8 September 2021, CHAI (Clinton Health Access Initiative Indonesia) mengadakan webinar sekaligus merilis Market Report mengenai HCV.

Laporan ini memberikan laporan mengenai diagnosis dan obat hepatitis C (HCV) di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah untuk membantu memandu eliminasi Hepatitis C tersebut.

Pada kesempatan kali ini, Peduli Hati Bangsa, diwakili oleh Caroline Thomas selaku Pendiri, diminta untuk memberikan wawasan dari komunitas dalam webinar tersebut. Topik yang diangkat adalah pengurangan harga DAA (Direct Acting Antivirus) di Indonesia.

Peduli Hati Bangsa bekerja untuk meningkatkan kesadaran dan akses terhadap diagnosis dan pengobatan Hepatitis di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, komunitas yang terdampak oleh isu Hepatitis juga telah berhasil mengadvokasi ketersediaan DAA dengan harga terjangkau di Indonesia. Komunitas juga terus berperan dalam upaya mikro eliminasi Hepatitis C, termasuk di Lapas dan Rutan di Indonesia.

Beberapa poin penting yang terangkum dalam presentasi Caroline dalam pertemuan ini adalah :

  • Saat ini Pemerintah Indonesia sudah menyediakan program pengobatan Hepatitis C secara gratis dengan menggunakan Sofosbuvir dan Daclatasvir. 
  • Harga Sofosbuvir dan Daclatasvir yang dibeli oleh Pemerintah Indonesia melalui e-katalog terus menurun. Salah satunya disebabkan karena ada kompetisi dari perusahaan generik yang mendaftarkan produknya di Indonesia. 
  • Pemerintah mampu membeli obat untuk sekitar 5,500 sampai 6,000 orang per tahun. Namun, untuk mencapai eliminasi, Indonesia harus terus meningkatkan upaya diagnosis dan pengobatan.
  • Analisis menunjukkan bahwa pengurangan harga DAA menjadi USD 150 per kursus pengobatan dan penurunan harga tes viral load menjadi USD 40 dapat mengurangi total biaya program Pemerintah sebesar 60% dari USD 4,3 M menjadi USD 1,7 M.
  • Eliminasi HCV akan mencegah setidaknya 1 juta infeksi baru pada tahun 2040.

Lebih lanjut mengenai CHAI di https://chaiindonesia.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.