Kategori
All-id Hiv-id

Informasi awal tentang HIV

Reaksi awal didiagnosis dengan HIV.

Setiap orang bereaksi dengan berbagai cara ketika mereka mendengar bahwa mereka terinfeksi dengan HIV. Beberapa orang mungkin melanjutkan seolah-olah tidak terjadi apa-apa, beberapa mungkin mencari banyak informasi, dan beberapa orang mungkin merasa sulit menerima diagnosis bahwa mereka terinfeksi HIV.

Figure 1: <a href="http://www.freepik.com">Designed by tartila / Freepik</a>

Figure 2: <a href='https://www.freepik.com/vectors/people'>People vector created by pch.vector - www.freepik.com</a>

Anda mungkin menyalahkan diri sendiri. Tetapi seseorang tidak tertular HIV karena mereka pantas mendapatkannya – mengidap HIV bukan berarti Anda adalah orang yang tidak baik, tidak bermoral, atau bodoh

Kebanyakan orang tertular HIV dari pasangan seksual. Anda mungkin belum mengetahui tentang HIV pada saat itu, atau tidak mengira Anda berisiko, atau Anda mungkin telah memutuskan untuk tidak mengkhawatirkannya. Selain itu, orang yang menginfeksi kita mungkin tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi HIV. Semua ini sangat normal dan manusiawi.

<a href="https://www.freepik.com/vectors/kids">Kids vector created by pch.vector - www.freepik.com</a>

Pengobatan untuk HIV

Jika Anda ‘HIV positif’, ini berarti Anda memiliki virus yang disebut HIV di dalam tubuh Anda. HIV positif tidak selalu berarti bahwa Anda sakit, atau Anda mengidap AIDS, atau Anda sedang sekarat.

Pengobatan HIV dapat mengendalikan virus. Dengan pengobatan HIV, Anda dapat memiliki:

  1. Hidup sehat. Obat dapat menghentikan virus untuk bereproduksi dan mengurangi jumlah HIV di dalam tubuh Anda. Ini memungkinkan sistem kekebalan Anda tetap kuat dan melawan penyakit dan infeksi.
<a href='https://www.freepik.com/vectors/people'>People vector created by rawpixel.com - www.freepik.com</a>

2. Harapan hidup. Berkat pengobatan HIV, kebanyakan orang yang hidup dengan HIV memiliki harapan hidup yang normal sama dengan orang yang tidak terinfeksi HIV.

3. Kehidupan seksual. Pengobatan HIV yang efektif mencegah penularan HIV secara seksual. Jika Anda menggunakan obat anti-HIV dan memiliki ‘viral load (jumlah virus) tidak terdeteksi’, Anda tidak akan menularkan HIV ke pasangan seksual Anda.

Designed by freepik

4. Hidup yang aktif. HIV seharusnya tidak menghentikan Anda untuk bekerja, menjalin hubungan, memiliki anak atau membuat rencana untuk masa depan.

Pengobatan HIV dianjurkan untuk semua orang yang hidup dengan HIV. Semakin cepat Anda mulai meminumnya, semakin cepat Anda bisa mendapatkan hasil kesehatan yang baik.

Nama lain untuk pengobatan HIV adalah terapi antiretroviral, ART atau obat anti-HIV dan terapi kombinasi. Walaupun memiliki istilah yang berbeda-beda, semuanya mengacu pada jenis pengobatan yang sama.

Pengobatan HIV bekerja dengan baik bila diminum persis seperti yang ditentukan. Ini sering disebut ‘kepatuhan‘, dan artinya:

  1. Minum obat Anda pada waktu yang tepat

2. Menggunakan dosis yang tepat

3. Mengikuti saran tentang minum obat (misalnya dengan perut kosong atau tidak dengan perut kosong)

4. Memeriksa interaksi antara terapi antiretroviral dengan obat lain atau obat yang Anda gunakan.

Menjaga kesehatan fisik

Bagi orang dengan HIV, menjaga kesehatan bukan hanya sekadar minum pil.

Hal-hal lain yang juga dapat membantu adalah:

  1. Berhenti merokok, jika Anda seorang perokok.
  2. Makan makanan yang seimbang untuk menjaga berat badan yang sehat, memberi Anda energi dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.
  3. Lakukan olahraga yang baik untuk jantung, paru-paru, sirkulasi, dan mobilitas.
  4. Istirahat dan tidurlah agar Anda bisa menenangkan diri dan memperkuat sistem kekebalan Anda.

Dengan perawatan HIV dan perawatan medis saat ini, banyak orang yang hidup dengan HIV tidak jatuh sakit sebagai akibat langsung dari HIV. Lebih sering masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung atau diabetes. Terutama seiring bertambahnya usia orang yang hidup dengan HIV, masalah kesehatan orang dengan HIV tidak jauh berbeda dengan orang lain.

Gaya hidup aktif dan sehat akan meningkatkan kesehatan Anda sekarang dan menurunkan risiko Anda mengembangkan kondisi kesehatan lain selain HIV.

Menjaga kesehatan mental

Selain mempertahankan kesehatan fisik, menjaga kesejahteraan emosional dan kesehatan mental Anda juga penting. Hal-hal yang dapat membantu kesehatan fisik juga dapat membantu kesehatan mental. Misalnya, olahraga dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan berenergi. Diet seimbang akan memberi otak Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi sehari-hari dengan baik. Hidup dengan HIV bukan berarti Anda tidak bisa bersosialisasi. Anda tetap dapat melakukan kegiatan sosial dan melakukan aktivitas yang Anda sukai. Cobalah untuk berbicara dengan orang lain tentang kekhawatiran Anda. Banyak orang menemukan bahwa kelompok dukungan bisa membantu. Kelompok ini bisa menjadi tempat yang aman di mana Anda bisa bertemu orang-orang yang memiliki situasi yang serupa.

Diadaptasi dari: 
https://www.aidsmap.com/about-hiv/recently-diagnosed-hiv-first-reactions
https://www.aidsmap.com/about-hiv/recently-diagnosed-hiv-health-issues

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *