Kategori
All-id HepC-id News-id

Ilmuwan Penemu Virus Hepatitis Mendapatkan Hadiah Nobel

Mengenai pengumuman Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 2020 yang diberikan bersama kepada Harvey J. Alter, Michael Houghton dan Charles M. Rice dalam “penemuan virus Hepatitis C.”

Oleh: Lucy Ferrier, 5 Oktober 2020

Diterjemahkan oleh: Caroline Thomas

CEO World Hepatitis Alliance Cary James mengatakan:

“Hepatitis C telah menjadi salah satu krisis kesehatan yang paling terabaikan saat ini. Infeksi ini telah merenggut jutaan nyawa dan terus memberikan dampak besar pada manusia, komunitas dan sistem kesehatan yang lebih luas.

“Penemuan virus hepatitis C pada tahun 1989 adalah langkah pertama dalam perjalanan ilmiah penting yang mengarah ke tempat di mana kita memiliki kemungkinan nyata untuk memberantas hepatitis dalam dekade berikutnya. Berkat terobosan Harvey J. Alter, Michael Houghton, dan Charles M. Rice, kita sekarang dapat mendiagnosis, mencegah, dan bahkan menyembuhkan hepatitis C. Saat ini, kita dapat menyelamatkan jutaan nyawa, dan meningkatkan kualitas hidup jutaan orang lainnya.

“Sekarang, kita harus mengubah kemajuan ilmiah ini untuk memberikan dampak pada dunia nyata. Di seluruh dunia, kurang dari satu dari lima dari 71 juta orang yang hidup dengan hepatitis C telah didiagnosis. Setiap tahun virus merenggut hampir 400.000 nyawa – nyawa yang dapat diselamatkan melalui diagnosis dini, peningkatan rujukan pada perawatan, dan akses universal ke terapi penyembuhan yang efektif. Sebagian besar orang yang terinfeksi virus hepatitis adalah mereka yang paling tidak terlayani oleh sistem kesehatan, jadi penting bagi kita untuk menjangkau komunitas ini dan tidak meninggalkan siapa pun dalam upaya kita untuk mengeliminasi virus Hepatitis C.

“World Hepatitis Alliance mengucapkan selamat kepada penerima bersama Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran. Kami berharap hadiah tersebut membawa kesadaran yang sangat dibutuhkan terhadap hepatitis C, dan menyerukan kepada para pemimpin global dan pembuat keputusan untuk mendukung komitmen mereka dalam memberantas virus hepatitis melalui tindakan politik yang tegas dan peningkatan pendanaan untuk tanggapan hepatitis. ”

Sumber: https://www.worldhepatitisalliance.org/news/oct-2020/wha-statement-scientists-who-discovered-hepatitis-c-virus-awarded-nobel-prize

dari kiri ke kanan : Charles RIce, Michael Houghton, Harvey Alter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *